Tips Kuliah Sambil Kerja

by - Januari 17, 2020

Helloww Assalamualaikum
Bissmillah tulisan pertama saya di tahun 2020.

Menjelang jam pulang kantor tiba - tiba muncul ide pengen nulis dan share pengalaman.

Kalo yang sudah baca cerita saya soal LDR pasti sudah tau ya di jaman dulu itu aku kuliah sambil kerja hehe.
Di tulisan kali ini pengen juga berbagi tips seputar kuliah sambil kerja sampai bisa S1 alhamdulillah.
Menjalankan kuliah sambil kerja bukanlah hal yang mudah tapi bukan berarti juga susah.
Hal yang paling penting dari segala hal adalah LAKUKAN alias do it. Kalo niat saja tanpa di lakukan sampai tua pun akan jadi niat saja sampai kehilangan masa keemasan alias masa muda kamu.
Sedikit saya ya intronya biar gak pada bosen langsung saja ke judul bahasan saya kali ini.

1. Menentukan waktu yang tepat

Kalo saya perempuan untuk masalah kuliah ini mesti saya putuskan dengan cepat karena perempuan tidak se flexible seperti laki-laki begitu sudah menikah kita memiliki tanggung jawab yang lebih.
Waktu itu saya hanya menunda kuliah saya satu tahun saja setelah lulus SMA yang penting ada uang masuk dulu fikir saya untuk biaya di cari sambil jalan saja.

2. Mengatur keuangan

Satu tahun jeda setelah lulus SMA tersebut saya gunakan untuk mengumpulkan dana yang akan saya gunakan untuk masuk kuliah. Yang penting saya daftar dulu padahal waktu itu saya hanya karyawan kontrak dan kontrak saya hanya 6 bulan. Berusaha tetap memberanikan diri untuk daftar di sebuah kampus. Masha allah di bulan ke 4 saya bekerja saya mendapat tawaran pekerjaan di tempat baru dan sesuai dengan minat dan bidang saya. Yakinlah dimana ada usaha di situ ada jalan.
Setelah kuliahpun tentu selain biaya semester ada banyak biaya tak terduga seperti entah fotocopy, buat tugas, makalah ataupun kondangan ke temen nikah.
Jadi sebisa mungkin 40% dari gaji kita harus di tabung untuk mengantisipasi hal-hal seperti itu.
Agar kuliah jalan , nongkrong pun tetap kebagian.

3. Mengatur jam kerja dan jam belajar

Kalo ini sih seflexible kita. belajar di kampus itu gak kaya jaman sekolah sd, smp, sma apalagi yang orang - orang yang kerja sampai kuliah. Biasanya dosen pun tidak akan terlalu membebani tugas sebanyak anak reguler. Tapi semua hal harus seimbang, kalo aku sebisa mungkin pekerjaan di kantor aku selesaikan pagi. Kalo ada tugas di selesaikan jam istirahat atau ketika sore hari, biasanya menjelang sore kerjaan sudah lumayan santai kalo kita kerjakan padat di pagi hari.
Atau kadang tugas saya kerjakan di malam hari setelah pulang kuliah agar nanti di kantor tinggal mengerjakan sisanya.
Ingat juga jaga kondisi diri masing-masing ya jangan terlalu memaksakan diri tanpa jaga kesehatan.

4. Menjaga kesehatan

Iyapp, ini penting banget ya, namanya di kantor kadang kerjaan numpuk kadang tidak.
Kalo kerjaan sedang banyak dan ada UTS/UAS kadang suka lupa makan. Itu gak boleh banget.
Nutrisi yang ada dalam tubuh kita harus tetap terjaga jadi jangan sampai lupa sarapan, makan siang dan makan malam ya guys.

5. Keseimbangan antara penat dan kesegaran rohani.

Baiklah jadi gini maksudnya siang kita sudah capek kerja malam kuliah, adakalanya kita menyisihkan sehari buat nyengin diri sendiri contohnya belanja, jalan-jalan atau apapun aktivitas yang bikin kamu seneng buat melepas penat. TAPI harus inget harus menyesuaikan budget ya jangan sampai seneng-seneng yang menguras kantong itu namanya nyiksa diri.

Ok Baiklah sekian omong kosong dari momiki ( emak anak 1 yang pernah muda) eh masih muda.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca.


You May Also Like

0 komentar

Baca Juga Kakak

Membentuk Kebiasaan Anak Dengan Hal Kecil Tapi Bermanfaat

  Tidak terasa tahun ini sudah memasuki bulan desember berarti sudah mendekati akhir tahun. Tahun 2020 ini menjadi tahun yang berat untuk ki...